Yukihiro "Matz" Matsumoto

Often people, especially computer engineers, focus on the machines. They think, "By doing this, the machine will run fast. By doing this, the machine will run more effectively. By doing this, the machine will something something something." They are focusing on machines. But in fact we need to focus on humans, on how humans care about doing programming or operating the application of the machines. We are the masters. They are the slaves.
Yukihiro "Matz" Matsumoto, Creator of Ruby

Selasa, 07 Oktober 2014

Dasar Manipulasi Objek String Dalam Ruby Menggunakan Standard Ruby Library

String merupakan objek yang paling banyak digunakan dalam semua program yang dibuat oleh programmer. Dalam Ruby, string merupakan kelas objek yang memiliki banyak sekali instance method yang dapat digunakan programmer dalam melakukan manipulasi pada string.

Berikut ini adalah beberapa method yang sangat berguna yang sering digunakan oleh para programmer Ruby.

Upcase, Downcase, dan Capitalize

Ketiga metode ini digunakan untuk mengubah kapitalisasi huruf pada string.

Method upcase digunakan untuk memanipulasi string menjadi huruf besar.

irb > name = "alfian"
irb > puts name.upcase
ALFIAN

Method downcase digunakan untuk memanuplasi string menjadi huruf kecil.

irb > name = "ERICK"
irb > puts name.downcase
erick

Method capitalize digunakan untuk memanipulasi string sehingga huruf pertama dari string menjadi huruf besar dengan tidak mengubah sisa dari huruf yang ada.

irb > name = "william"
irb > puts name.capitalize
William

Center, Ljust, dan Rjust

Ketiga metode ini digunakan untuk mengatur tampilan visual dan penempatan dari string.

Method center digunakan untuk menempatkan string di tengah. Method ini menerima 2 argumen, yang pertama berupa jumlah dari padding yang terlihat, misalnya string anda memiliki 10 karakter, anda dapat memberikan argumen 12, sehingga di bagian kiri dan kanan akan terdapat spasi kosong untuk memberikan string and posisi di tengah. Parameter kedua berupa parameter opsional, yaitu karakter yang akan digunakan untuk mengisi padding yang ada di sisi kanan dan kiri, parameter defaultnya berupa spasi.

irb > name = "Godfather"
irb > puts name.center(15)

   Godfather   
irb > puts name.center(15, '*')
***Godfather***

Method ljust dan rjust digunakan memberikan rata kiri dan rata kanan dari string anda. Kedua method ini menerima 2 argumen, yang pertama berupa jumlah dari karakter yang akan diratakan, biasanya berupa totad dari jumlah karakter yang ada dalam string anda ditambahkan dengan jumlah padding yang anda inginkan. Parameter kedua berupa parameter opsional, yaitu karakter yang akan digunakan dalam mengisi padding, parameter defaultnya berupa spasi.

irb > name = "Ghostbusters"
irb > puts name.ljust(17, '.')
Ghostbusters.....
irb > puts name.rjust(17, '.')
.....Ghostbusters

Reverse

Method ini dugunakan untuk memanipulasi string anda sehingga menjadi terbalik.

irb > name = "apple'
irb > puts name.reverse
elppa

Length

Method ini digunakan untuk mendapatkan jumlah karakter yang ada pada string anda.

irb > name = "john"
irb > puts name.length
4

Split

Method ini digunakan untuk membagi string ke dalam array. Argumen yang diterima yaitu berupa karakter yang digunakan untuk membagi string. Secara default karakter yang digunakan dalam melakukan split adalah spasi.

irb > movies = "Godfather Ghostbusters Goldfinger"
irb > movies.split
=> ["Godfather", "Ghostbusters", "Goldfinger"]
irb > word = "anananana"
irb > word.split("n")
=> ["a", "a", "a", "a", "a"]

BANG ! Method

Dalam objek string terdapat banyak method yang memiliki tanda! dibelakang dari method tersebut, perbedaan yang paling utama adalah apabila anda menggunakan method yang menggunakan tanda !, maka nilai yang dihasilkan akan secara langsung menggantikan nilai lama yang ada sebelumnya. Sebaiknya anda berhati-hati dalam menggunakan method yang memiliki tanda ! di belakangnya.

irb > name = "johan"
irb > name.upcase
irb > puts name
johan
irb > name.upcase!
irb > puts name
JOHAN

Method-method yang saya sebutkan di sini hanya berupa sebagian kecil method saja yang ada didalam objek class String dalam Ruby. Untuk melihat lebih banyak lagi method yang ada, anda dapat melihat langsung pada dokumentasi Ruby di http://ruby-doc.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar