Yukihiro "Matz" Matsumoto

Often people, especially computer engineers, focus on the machines. They think, "By doing this, the machine will run fast. By doing this, the machine will run more effectively. By doing this, the machine will something something something." They are focusing on machines. But in fact we need to focus on humans, on how humans care about doing programming or operating the application of the machines. We are the masters. They are the slaves.
Yukihiro "Matz" Matsumoto, Creator of Ruby

Selasa, 07 Oktober 2014

Mengatur Tab Indentasi Sublime Text Untuk Ruby Secara Default Sebanyak 2 Spasi

Untuk anda para pengguna Ruby yang menggunakan Sublime Text sebagai teks editor utama anda, seringkali anda mungkin melakukan perubahan spasi indentasi tab secara manual. Secara default, konfigurasi Sublime Text memberikan spasi tab sebanyak 4. Menurut konvensi dari Ruby, indentasi pada program Ruby adalah sebanyak 2 spasi. Untuk anda yang tidak ingin repot melakukan perubahan indentasi secara manual tiap kali membuat program ruby yang baru dapat mengikuti cara berikut. Cara ini berlaku untuk anda yang menggunakan sistem operasi OS X, untuk anda yang menggunakan Windows seharusnya tidak terlalu berbeda dalam pengaturannya.
  1. Buka program Sublime Text anda.
  2. Untuk membatasi konfigurasi ke program Ruby, buatlah new file dengan bahasa pemrograman Ruby terlebih dahulu
  3. Masuk ke Preferences
  4. Masuk ke Settings
  5. Masuk ke More
  6. Masuk ke Syntax Specific
  7. Masuk ke User
  8. Akan terbuka file dengan nama Ruby.sublime-settings
  9. Masukkan syntax JSON dibawah ini kemudian Save.
{
    "tab-size": 2,
    "translate_tabs_to_spaces": true
}

Cara ini dapat dilakukan untuk bahasa pemrograman yang lainnya, silakan anda ulangi dengan cara yang sama. Tips ini saya dapatkan dari salah satu topic di StackOverflow.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar