Yukihiro "Matz" Matsumoto

Often people, especially computer engineers, focus on the machines. They think, "By doing this, the machine will run fast. By doing this, the machine will run more effectively. By doing this, the machine will something something something." They are focusing on machines. But in fact we need to focus on humans, on how humans care about doing programming or operating the application of the machines. We are the masters. They are the slaves.
Yukihiro "Matz" Matsumoto, Creator of Ruby

Jumat, 17 Oktober 2014

Menggunakan RSpec dan Capybara Sebagai Default Test Unit Pada Rails

Sebagai seorang developer Rails, kebanyakan pengembang menggunakan pendekatan TDD(Test Driven Development) dalam mengembangakan suatu aplikasi web, dimana pertama-tama spesifikasi terhadap situs dibuat, dilakukan tes, gagal, kemudian dilakukan penulisan kode sampai test berhasil.

Rails secara default menggunakan library Test::Unit yang ada pada standard Ruby library dalam melakukan testing. Tetapi, untuk anda yang ingin menggunakan library test yang lain seperti MiniTest, Cucumber, dan RSpec dapat menggunakan library tersebut dengan melakukan installasi dengan menggunakan gemfile dan bundle.

Berikut adalah langkah untuk menggunakan RSpec dan Capybara sebagai testing unit saat anda membuat aplikasi Rails yang baru.

  • Pada saat anda membuat aplikasi baru, menggunakan command line sertakan flag --skip-test-unit atau -T. Dengan melakukan ini, Rails tidak akan mengikutkan folder spec secara default pada kerangka aplikasi.




  • Setelah semua file dan bundle awal selesai dibuat, masuk ke folder aplikasi anda dan edit file dengan nama Gemfile. Tambahkan kode yang ada dibawah ini untuk menambahkan gem rspec-rails dan capybara. Disini gem rspec diinstal dalam grup environment development dan test, sedangkan gem capybara hanya akan diinstal dalam grup environment test.

  • Masuk pada direktori aplikasi Rails anda pada terminal dan jalankan sintaks bundle install untuk melakukan installasi pada kedua gem yang baru anda tambahkan.
  • Setelah selesai jalankan sintaks rails g rspec:install. Berikutnya secara otomatis, Rails akan membuat folder spec yang anda dapat gunakan dalam melakukan testing menggunakan RSpec.
  • Untuk memastikan RSpec dapat digunakan pada aplikasi Rails anda, ketik rspec pada command line di terminal pada ditektori aplikasi anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar