Yukihiro "Matz" Matsumoto

Often people, especially computer engineers, focus on the machines. They think, "By doing this, the machine will run fast. By doing this, the machine will run more effectively. By doing this, the machine will something something something." They are focusing on machines. But in fact we need to focus on humans, on how humans care about doing programming or operating the application of the machines. We are the masters. They are the slaves.
Yukihiro "Matz" Matsumoto, Creator of Ruby

Rabu, 29 Oktober 2014

Dasar YAML Pada Ruby

YAML yang merupakan singakatan dari Yet Another Markup Language adalah bahasa markup yang dibuat untuk menyimpan struktur dari sebuah data. Struktur dari bahasa ini dapat anda lihat dibawah ini:


File YAML diatas berisi sebuah array yang didalamnya terdiri dari sebuah hash, sebagai contoh elemen pertama dari array ini adalah hash dengan key berupa game, year, dan manufacturer. Untuk membuka file YAML dalam Ruby, anda dapat menggunakan standar library YAML.


Dengan mengimport library YAML menggunakan require maka anda dapat menggunakan kelas YAML untuk melakukan manipulasi terhadap file YAML.  Pada kode di atas, variabel game_list digunakan untuk menyimpan array yang berisi hash yang dibuka dengan menggunakan method load_file beserta argumen berupa lokasi file dalam komputer anda.


Anda dapat menggunakan cara yang sama untuk mengakses value dari hash menggunakan key yang ada. Anda dapat menggunakan data ini pada objek atau tabel database yang anda buat untuk diasosiasikan dengan data ini.

Untuk melakukan penyimpanan dari objek anda ke dalam file YAML anda dapat menggunakan method to_yaml seperti contoh dibawah ini.


Menggunakan File.open beserta argumen berupa nama file yang akan kita gunakan dalam menyimpan YAML, digunakan blok dan didalmanya menggunakan method write dengan argumen berupa array game_list yang akan kita simpan ke dalam file YAML.

Hasilnya dapat kita lihat dibawah ini dengan menggunakan text editor.



Untuk anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai YAML, dapat melihatnya secara langsung di Wikipedia. Di lain waktu saya akan memberikan tips dalam menggunakan file YAML sebagai seeds data pada database Rails.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar