Yukihiro "Matz" Matsumoto

Often people, especially computer engineers, focus on the machines. They think, "By doing this, the machine will run fast. By doing this, the machine will run more effectively. By doing this, the machine will something something something." They are focusing on machines. But in fact we need to focus on humans, on how humans care about doing programming or operating the application of the machines. We are the masters. They are the slaves.
Yukihiro "Matz" Matsumoto, Creator of Ruby

Kamis, 23 Oktober 2014

Kustomisasi Form Error Rails Bagi Pengguna Bootstrap

Bagi anda pengembang Rails yang menggunakan framework Bootstrap dalam mendesain form bagi website anda, tentu tahu bahwa Boostrap memiliki framework yang sangat lengkap dalam menangani berbagai macam tampilan dalam form anda. Pada saat anda ingin mengindikasikan terjadi kesalahan pada validasi form anda, anda dapat menggunakan class has-error.

Saya akan berbagi tips mengenai langkah yang saya gunakan dalam menghandle warning pada form validasi yang bermasalah. Secara default, rails akan membungkus form yang mengalami kegagalan dalam validasi di dalam div dengan class field_with_errors.

Pada gambar di atas, anda dapat melihat bahwa pada form description terjadi kegagalan dalam validasi, tetapi bagi anda yang menggunakan  Bootstrap tidak mendapatkan tanda-tanda visual bahwa telah terjadi kegagalan validasi pada form. 

Langkah yang akan dilakukan adalah dengan memanipulasi kode yang menghasilkan div ini melalui file config.rb dalam config/application.rb. Tambahkan kode dibawah ini didalam file tersebut dalam kelas Applications.


Setelah itu lakukan test kembali dengan sengaja melakukan kesalahan pada validasi form untuk melihat hasilnya.


Dapat dilihat form yang gagal dalam validasi akan memiliki warna merah menandakan terjadi kesalahan. Dilihat pada Chrome Dev Tool, terlihat bahwa class has-error telah ditambahkan pada div field_with_errors. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Happy Railings.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar